Saturday 4 March 2017

KULIAH

Hola, long time no post. Sekarang saya sudah menginjak semester dua. Ternyata benar, kuliah tidak seindah FTV ๐Ÿ˜€ Terlebih saya sekarang memiliki gelar sebagai anak kost, jauh dari orang tua sangat tidak enak, tetapi disitulah pengalamannya, kita 'dipaksa' untuk mengatur semuanya dengan diri kita sendiri, belajar untuk mandiri dan bertanggungjawab.
Awal masuk kuliah, perasaan ingin pulang selalu ada, bahasan yang paling asyik bersama teman yaitu melihat kalender dan menentukan tanggal kapan bisa pulang, kalau dapat hari libur, pasti dari sebelum-sebelumnya udah heboh beli tiket pulang๐Ÿ˜‚


Banyak hal yang saya dapatkan semenjak saya kuliah:
1. Kuliah adalah proses mendewasakan diri√
Ya, betul, kita harus pintar-pintar memilah dan memilih sesuatu, mana yang baik dan mana yang buruk, kita juga harus bisa me-manage banyak hal, contohnya: waktu, uang.
2. Kuliah mengajarkan kita untuk berusaha√
Kita bukan anak SMA lagi yang segala sesuatu nya diberikan oleh guru. Di perkuliahan, dosen hanya memberi materi yang inti nya saja, syukur-syukur materi yang diberikan sudah dapat dimengerti. Ada beberapa dosen yang memberikan materi secara jelas pada PPT, ada juga yang PPT hanya dijadikan sebagai background, selebihnya berbicara. Maka dari itu, kita harus berusaha mencari materi. Kita juga bukan seperti anak SMA, yang bisa seenaknya tidak mengumpulkan tugas tapi ujung-ujungnya lulus, di perkuliahan, dosen menilai apa yang dinilai, ya jika tidak mengumpulkan tugas, maka nilai yang diberi ya seadanya saja, sesuai dengan perhitungan komponen nilai lainnya.
3. Kuliah mengajarkan kita untuk berani√
Ya, berani disini bukan berarti berani untuk melakukan segala hal, berani disini bisa diartikan bahwa kita harus berani mengambil resiko, misal kamu tidak berani bertanya, itu akan berdampak untuk kedepannya. Tidak berani mengambil keputusan pun, akan berdampak kedepannya.
Ada beberapa tips:
1. Untuk me-manage pengeluaran, kalian bisa menuliskan pengeluaran setiap harinya, kalian juga bisa menghitung perkiraan biaya yang akan dikeluarkan tiap harinya, dan juga jangan mengambil uang terlalu banyak karena akan menimbulkan hasrat ingin membeli ini itu dikarenakan uang masih terlihat banyak.
2. Untuk me-manage waktu, kalian bisa menghitung perkiraan waktu, misal, jam sekian kuliah, jam sekian mengerjakan tugas, jam sekian tidur. Bagi kalian yang susah bangun, gunakan alarm beruntun, misal jam 4.30, 4.35, 4.40 seperti itu.
3. Jika kalian belum cukup percaya diri untuk bertanya kepada dosen, terapkan pemikiran, "lebih baik bertanya agar mengerti, jangan sampai menyesal di kemudian hari", jika tetap tidak percaya diri, catatlah hal-hal yang kurang dimengerti, agar ketika sampai kost/rumah bisa mencari jawabannya sendiri, karena terkadang, kita 'penasaran' pada saat itu, setelahnya lupa. Maka dari itu, saya sarankan untuk mencatat hal tersebut.
4. Bagi anak rantau, jika kalian selalu merasa ingin pulang ke rumah, itu hal wajar, tetapi terapkan prinsip, "kuliah adalah pilihan saya, jalani saja, pasti akan ada waktunya untuk pulang", jika sedih, alihkan perhatian.
5. Catat tugas serta hal penting beserta deadline nya.
6. Jangan lupa minta file dari dosen, karena kebanyakan dosen mau memberikan materi-nya.
7. Menjelang ujian, beberapa dosen ada yang menggunakan soal yang sama dengan soal tahun lalu, untuk menambah materi belajar kita, kita bisa meminta awetan soal kepada kakak tingkat, atau jika di kuliah saya, di tempat fotokopian suka disediakan awetan-awetan soal.
8. Jangan lupa untuk selalu berdoa dalam segala hal, sungguh, doa adalah obat yang paling mujarab.

JANGAN PATAH SEMANGAT YA, TERUS BERJUANG, JADIKAN HAMBATAN SEBAGAI TANTANGAN.

No comments:

Post a Comment