Saturday 10 November 2012

Marquez Dihukum Mundur Grid Start, Karena Manuver Berbahaya

Marc Marquez yang baru saja mengunci titel juara dunia yang pertamanya di Moto2 Australia (28/10) lalu, kembali terlibat insiden yang cukup besar di sesi latihan Moto2 Valencia pada Jumat (9/11) kemarin. Ia menyebabkan Simone Corsi yang juga sedang melakukan hot lap, terjatuh karena menghalangi jalurnya.

Insiden ini spontan membuat direktur balap dan stewards mengambil keputusan yang memang cukup mengagetkan. Marquez dihukum mundur grid start paling belakang untuk seri Valencia. Hukuman ini didasarkan pada manuver yang dilakukannya melanggar regulasi sporting 1.21.2.

“Pada Jumat (9/11), direktur balapan menegaskan penjatuhan hukuman kepada Marc Marquez berupa start dari grid paling belakang untuk mengawali balapan di Moto2 Valencia. Ia melakukan manuver berbahaya di sesi latihan bebas 2 yang menyebabkan Simone Corsi mengalami kecelakaan. Hal ini melanggar regulasi 1.21.2 FIM Road Racing World Championship,” jelas pernyataan dari FIM.

“Tidak adanya protes dari pihak yang bersangkutan, membuat keputusan ini jadi keputusan final,” lanjut pernyataan tersebut.

Marquez pun mengaku salah dalam bertindak. Ia tidak ingin terjadi perselisihan yang lebih dalam lagi dan segera meminta maaf baik secara individu ke Simone Corsi maupun secara publikasi ke media massa.

“Saya sudah menyusul beberapa pembalap di tikungan tersebut, tapi saya tidak menyangka Corsi adalah salah satu pembalap dengan teknik late braking terbaik di Moto2. Ketika menyusulnya, saya merasa ada senggolan diantara kami. Setelah menengok ke belakang ia justru terjatuh dan terseret ke gravel. Saya sangat khawatir dengan insiden tersebut,” papar Marquez.

“Saya meminta maaf secara langsung dan ia mengerti kondisi yang ada. Tapi hal yang terpenting adalah karena ia tidak mengalami cedera. Secara umm saya juga meminta maaf melalui media massa,” pungkasnya. (otosport.co.id)

No comments:

Post a Comment